Gitar akustik

Sejarah Gitar Akustik

Gitar Akustik di dalam Bahasa Inggris disebuta dengan nama “Acoustic Guitar”. Akhiran “Tar” dari Guitar merupakan kata yang diambil dari Bahasa kuno Sanskrit / Sansekerta. “Tar” dalam Bahasa Sanserkerta adalah senar. Bisa dibilang banyak instrument senar yang ada di Asia Tengah sampai saat ini dengan bentuk yang hampir tidak berubah walaupun sudah beribu – ribu tahun berlalu. Dan kebanyakan dari peralatan musik senar tersebut memiliki akhiran “Tar”. Contoh peralatan musik dengan akhiran “Tar” adalah

  • Dotar
  • Sitar
  • Chartar

Untuk mengenal lebih dalam mengenai sebuah gitar akustik, ada baiknya kita membaca sedikit sejarah Gitar Akustik.

Sejarah Singkat Gitar Akustik

Gitar bisa dibilang memiliki asal usul dari negara timur yang kuno. Berdasarkan plak tanah liat yang berhasil digali dari Babilonia. Diketahui umur plak tanah liat ini adalah 1850 SM. Pada plak tersebut terdapat gambar yang menunjukan sebuah alat must yang mirip dengan gitar pada plak tanah liat yang ditemukan ini. Walaupun bagian tubuh dan lehernya agak berbeda.

Munculnya Gitar Senar 4, 5 dan 6

Salah satu gitar yang terkenal saat itu adalah Guitarra Latina yang memiliki sisi melengkung. Diperkirakan gitar jenis ini berasal dari daerah yang terletak di Eropa. Selain Guitarra Latina, masih ada Guitarra Morisca yang dibawa ke Spayol oleh Moor. Pada abad ke-15, gitar dengan 4 senar ganda mirip dengan kecapi menjadi populer. Kemudian pada abad ke lima, satu senar ganda lagi ditambahkan membuatnya menjadi gitar dengan 5 senar ganda.

Pada abad ke-17, Italia menjadi negara pusat dunia gitar dan Sekolah khusus pembuatan gitar Spanyol mulai berkembang pada akhir abada ke-18. Perkembangnya ini dimulai setelah adanya penambahan senar ke-6 sehingga muncullah gitar dengan 6 senar. Makin banyak orang yang mulai menggunakan gitar dengan 6 senar daripada gitar dengan 4 serta 5 senar. Ini dikarenakan 6 senar memberikan warna nada yang lebih beragam.

Perubahan Bentuk Gitar Akustik

Pada abad ke-19 dimana komunikasi dan transportasi berkembang dengan pesat sehingga memungkinkan para pemain gitar untuk melakukan perjalanan ke berbagai kota, negara dan benua. Dengan cara ini, gitar semakin terkenal secara luas oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Pada abad ini, gitar semakin populer di Spayol dan Antonio de torres mengubah bentuk gitar Spanyol ke bentuk yang lebih modern. Lekukan tubuh gitar diperbesar, luas tubuh gitar makin lebar, semakin tipis, peningkatkaninternal bracing, 6 senar ganda diganti menjadi 6 senar tunggal, tala kayu pasak diganti dengan mesin manual yang memudahkan proses pengencangan senar.

Hasil gambar untuk gitar akustik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s